Minggu, 24 Mei 2009

Formula Renault Asia, Rio Haryanto Naik Podium

Laporan wartawan KOMPAS Prasetyo Eko P

SHANGHAI, KOMPAS.com - Pebalap Indonesia Rio Haryanto berhasil finis kedua race pertama kejuaraan Formula Renault Asia kategori internasional di Sirkuit Shanghai, China, Sabtu (23/5). Sementara untuk kategori Asia, pebalap dari Kiky Black R acing itu tidak tertandingi oleh lawan-lawannya.

Rio mencatatkan waktu 18 menit 10,478 detik , tertinggal 1,21 detik dari juara pertama yang direbut pebalap Israel, Alon Doy. Pebalap dari tim March3 Racing ini start dari posisi pole dan tak terbendung saat melahap 10 putaran di lintasan sepanjang 4,603 kilometer.

Pebalap Perancis Benjamin Rouget melengkapi posisi podium dengan finis ketiga pada kategori internasional ini. Pebalap dari tim Asia Racing Team ini terpaut sangat jauh dari pebalap di depannya, yang mencapai sekitar sembilan detik.

Balapan race pertama yang berlangsung dalam cuaca mendung dengan lintasan kering ini berlangung seru. Mengawali balapan dari posisi ketiga di bawah Doy dan pebalap tuan rumah China , Zhi Qiang Zhang, Rio melakukan start sempurna hingga langsung berhasil melejit ke posisi kedua memasuki belokan pertama di belakang Doy.

Rio berusaha keras mengejar dan mencoba melakukan late braking di sejumlah tikungan untuk mengejar kecepatan Doy. Namun, beberapa kali roda mobil Rio mengunci hingga terlihat asap akibat gesekan ban dengan aspal.

Rio terlihat kesulitan di setiap tikungan lambat hingga Doy tetap melaju di depan. Beberapa kali ia berhasil menempel mobil Doy saat memasuki tikungan namun kembali ketinggalan saat keluar dari tikungan.

Untuk kategori Asia, Rio tidak tertandingi oleh lawan-lawannya. Hanya pebalap China, Qian g Zhang dari tim March3 Racing yang beberapa saat memberikan perlawanan namun tak mampu mengejar kecepatan Rio.

Rio menjadi pebalap Asia tercepat disusul Qiang Zhang yang mencatatkan waktu hampir 10 detik detik lebih lambat dari Rio . Sementara untuk podium ketiga kategori ini ditempati oleh pebalap Ka To Jim dari Hongkong.

Lomba atau race kedua bakal dilangsungkan hari ini. Berdasar hasil lomba pertama, Rio kali ini akan memulai balapan dari grid terdepan, di posisi kedua. Pebalap berusia 16 tahun ini menyatakan optimistis bisa tampil lebih baik pada race kedua karena ada kesempatan untuk mengoreksi masalah understeer yang dialaminya pada race pertama