Selasa, 25 November 2008

Obama Masih Fasih Berbahasa Indonesia dan Kangen Nasi Goreng


Menelepon SBY Saat di Seattle

Obama Masih Fasih Berbahasa Indonesia dan Kangen Nasi Goreng

Seattle: Presiden terpilih Amerika Serikat, Barack Obama, ternyata masih fasih berbahasa Indonesia. Ia juga kangen makanan khas Indonesia. Dalam percakapan telepon dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sedang transit di Seattle, AS, dalam perjalanan dari Peru ke tanah air, Obama menyatakan kangen dengan bakso, nasi goreng, dan rambutan. "Ya, Obama bilang kangen nasi goren. Ia mengatakan itu dalam bahasa Indonesia yang fasih," kata Jubir Presiden, Dino Patti Djalal, sesaat setelah pesawat meninggalkan Seattle untuk menuju tanah air, Senin (25/11) sore waktu setempat.

Kontak-kontak antara tim Presiden SBY dan tim Obama sudah lama dilakukan. Namun waktu untuk SBY dan Obama bisa saliing berbicara lewat telepon secara langsung belum klop. Nah, ketika SBY transit di Seattle itulah kontak bisa didapat. Obama yang menelepon.

Menurut Jubir Presiden yang lain, Andi A.Mallarangeng, Obama menyapa SBY dalam bahasa Indonesia yang fasih. "Obama menyapa Presiden SBY dengan kata apa kabar," kata Andi.

Percakapan telepon antara SBY dan Obama lebih banyak bersifat perkenalan. SBY, ujar Dino, mengucapkan selamat atas terpilihanya Obama sebagai presiden ke-44 AS. SBY juga mengatakan bahwa hubungan Indonesia-AS baik-baik saja. "Presiden SBY mengatakan siap bekerjasama dengan Obama untuk meningkatkan hubungan kedua negara," Dino menambahkan.

Kepada Obama, Presiden SBY juga mengatakan bahwa dunia menaruh harapan besar kepada Obama. "Presiden mengtakan siap bekerjasama dengan Obama untuk mengatasi isu-isu internasional yang men desak, seperti krisis finansial global, energi, pangan, dan perubahan iklim," Dino menjelaskan. Presiden SBY, lanjut Dino, mengundang Obama ke Indonesia suatu saat nanti.

Barack Obama menyampaikan rasa gembiranya bahwa hubungan Indonesia-AS selama ini berlangsung baik. "Obama juga mengatakan kangen dengan nasi goreng, bakso, dan rambutan. Semua itu ia katakan dalam bahasa Indonesia," ujar Dino.

Dalam percakapan sekitar 6 menit itu, Presiden SBY berjanji akan mengirimkan album foto semasa Obama tinggal di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. "Nanti akan dikirimkan melalui Dubes kita," kata Dino.

Obama pernah tinggal dua tahun di Indonesia, tahun 1968-1969. Saat itu Obama masih duduk di bangku SD Negeri I Beskui, Menteng, kelas 3 sampai kelas 4. Para guru SD tersebut pernah menyerahkan album foto saat Obama bersekolah di sana kepada SBY untuk disampaikan kepada presiden terpilih AS itu. (har)