Jumat, 21 November 2008

TNI Segera Operasikan Pos Pengamanan di Nipah

Jakarta (ANTARA News) - Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso mengatakan, pihaknya akan segera mengoperasikan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) di Pulau Nipah, yang berada di perbatasan RI-Singapura.

Berbicara usai menghadiri rapat koordinasi bidang politik, hukum dan keamanan di Jakarta, Selasa, ia mengatakan, pembangunan Posal dan dermaga TNI AL di Nipah dapat selesai pada dua bulan ke depan.

"Dalam jangka waktu tersebut, TNI akan mempersiapkan personel dan perangkat lainnya yang akan mengawaki serta mengoperasionalkan Posal dan Dermaga TNI AL itu.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen TNI Supiadin mengemukakan, selama ini pengamanan di Pulau Nipah yang berada di perbatasan RI-Singapura dilakukan oleh satu peleton anggota TNI.

Operasional pengamanan selama ini, lanjut dia, dikendalikan dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam.

"Nah, keberadaan Posal dan Dermaga TNI di Nipah ini bertujuan mengoptimalkan pengamanan di Nipah, kalau tidak lama-lama hilang," kata Supiadin.

Ia menambahkan, pemerintah Indonesia akan mengkomunikasikan dengan pihak Singapura tentang keberadaan Pos dan dermaga TNI AL itu, mengingat Pulau Nipah berada di wilayah terdepan RI yang berbatasan dengan Negeri Singa itu.

Setelah terakhir bertemu pada 1973 lalu, Indonesia dan Singapura secara rutin kembali membicarakan bersama masalah perbatasan laut kedua negara yang masih menggantung.

Beberapa pertemuan teknis yang kembali dilakukan kedua negara mulai 2005 membahas pendekatan-pendekatan yang bisa digunakan untuk pembicaraan mengenai perbatasan laut kedua negara.

Pembahasan teknis antara kedua negara kembali dilakukan di Jakarta, pada awal November 2008.

Supiadin mengatakan, sampai saat ini ada dua bagian batas wilayah antara kedua negara yang masih bermasalah, yaitu di sebelah barat (di utara Kepulauan Karimun) dan di sebelah timur (utara Pulau Bintan), dengan panjang wilayah masing-masing sekitar lima mil laut.

Rapat Koordinasi Bidang politik, hukum dan keamanan tentang pengamanan Pulau Nipah dihadiri Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto, Menteri Hukum dan HAM Andi Matalatta, Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, Kepala Polri Jenderal Pol Bambang Hendarso Dahuri dan Kepala Bappenas Paskah Suzetta. (*)

sumber: http://www.antara.co.id/arc/2008/11/...anan-di-nipah/