Kamis, 20 November 2008

Samba Sunda Warnai Malam Indonesia-Brazil

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Alunan irama Samba berkolaborasi dengan hentakan kendang dan alunan suling dan angklung Sunda menghangatkan malam perayaan hubungan Indonesia-Brasil ke-55 tahun yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Clube Monte Libano, Rio de Janeiro, Rabu malam waktu Argentina (Kamis pagi WIB).

Beberapa lagu Brasil dan lagu Indonesia seperti lagu "Pelangi Di Matamu" yang disenandungkan sejumlah penyanyi diiringi Samba Sunda, memeriahkan perayaan yang dihadiri sekitar 200 undangan warga Brasil yang berpakaian pesta resmi.

Kemudian masuk Tarian Saman dari Aceh yang dibawakan 10 penari perempuan Indonesia yang juga disambut meriah para penonton. Sambutan hangat juga diberikan penonton saat peragaan busana batik dan tenun Indonesia yang diperagakan gadis model Brasil.

Wakil Gubernur Rio de Janeiro Luis Fernandes de Sousa menyatakan rakyat Brasil bergembira bisa merayakan hubungan kerjasama Indonesia - Brasil yang telah berusia 55 tahun.

"Malam ini merupakan malam perayaan kehangatan hubungan persaudaraan Indonesia - Brasil," kata Luis.

Sementara Presiden Yudhoyono mengatakan kesepakatan kemitraan strategis Brasil - Indonesia beberapa waktu lalu merupakan tonggak awal peningkatan hubungan kedua negara di berbagai bidang, termasuk hubungan budaya yang disebut Yudhoyono menjadi jembatan penghubung Indonesia-Brasil masa depan.

"Batik dan kain tenun Indonesia tentunya akan sangat indah jika dipakai lelaki tampan dan wanita Brasil yang jelita," kata Presiden seraya menyatakan dukungan Indonesia pada warga kota Rio de Janeiro untuk pencalonannya sebagai tuan rumah Olimpiade 2016. (*)
sumber:antara