Sabtu, 20 September 2008

Bali Road Show, Chennai – Mumbai, India


Delegasi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI bersama dengan Dinas Pariwisata Propinsi Bali dan beberapa travel agents Indonesia telah melakukan kunjungan ke India dalam rangka Sales Mission – Bali Road Show. Kegiatan Sales Mission tersebut masing – masing diadakan di kota Chennai – Tamil Nadu pada tanggal 8 September dan di kota Mumbai – Maharahstra pada tanggal 11 September 2008. Kegiatan Sales Mission kali ini merupakan yang keempat kalinya diadakan di India oleh Debudpar dan Dinas Pariwisata Propinsi Bali.

Kegiatan Sales Mission kali ini diadakan di tiga kota, dimulai dari kota Chennai, Mumbai dan terakhir New Delhi. Di Chennai kegiatan yang membawa misi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, dalam hal ini Propinsi Bali, dengan mengusung skema table top dengan presentasi re industri pariwisata Propinsi Bali dan mempertemukan travel agents Indonesia dengan travel agents di Chennai untuk menjalin networking promosi pariwisata Indonesia. Acara tersebut dibuka oleh Konsul Kehormatan RI di Chennai, K.J. Kumar.

Di Mumbai program Sales Mission Bali Road Show tersebut diselenggarakan pada tanggal 11 September 2008, bertempat di Hotel Leela Kempinsky. Mengusung tema yang sama, kegiatan tersebut mendapatkan respon yang sangat positif dari kalangan industri pariwisata di kota Mumbai terbukti dengan terlampauinya target kunjungan sebanyak tiga kali lipat. Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan beberapa tarian asal Propinsi Bali antara lain tari Sekar Jagat, Cendrawasih, Topeng, dan Puspanjali. Acara tersebut dibuka oleh Acting Konsul Jenderal RI, Dicky Fabrian.

Rangkaian kegiatan Sales Mission tersebut yang dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Bali merupakan langkah yang sangat positif untuk memperkenalkan budaya dan mempromosikan pariwisata Indonesia kepada masyarakat India yang saat ini merupakan salah satu emerging market terbesar setelah China. Skema table top dinilai tepat dan efisien sehingga pelaku industri pariwisata Indonesia dapat langsung berinteraksi dengan pelaku industri pariwisata di India untuk memperluas jaringan networking dan membuka peluang – peluang baru kerjasama promosi pariwisata Indonesia.

(Sumber KJRI Mumbai)