Jumat, 19 September 2008

Kesenian Bali Dapat Pengakuan Dunia Internasional

DENPASAR--MI: Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menaruh perhatian besar terhadap prestasi dan perkembangan sekaa-sekaa kesenian Bali yang telah mendapat pengakuan dari masyarakat dunia internasional.

"Kesenian Bali mendapat tempat terhormat dan pengakuan dari dunia internasional," kata Ketua Sanggar Tri Pusaka Sakti Batuan, Gianyar, I Nyoman Budi Artha, SSn, MSi yang pamitan kepada Bupati Oka Ardhana sehubungan lawatan ke Jepang, Jumat.

Ia mengatakan, keberadaan kesenian Bali, khususnya di Kabupaten Gianyar semakin mendapat perhatian dari masyarakat dunia untuk mengikuti berbagai kegiatan di mancanegara.

Tim kesenian Bali yang mengadakan lawatan ke Jepang, 3-20 September 2008 diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkenalkan seni budaya Bali di Negeri Sakura.

I Nyoman Budi Artha memimpin tim kesenian Bali beranggotakan 13 seniman serba bisa untuk mengadakan serangkaian pementasan ke Jepang.

Kegiatan dalam memperingati 50 tahun hubungan persahabatan Bali-Jepang sepenuhnya mendapat sponsor dari organisasi Networking for Balinese & Asian Performing Arts dengan direkturnya Midori Matsuzawa.

Seniman Bali selama di Jepang akan mengadakan sembilan kali pementasan di sembilan kota besar negeri tersebut, ujar Budi Artha. (Ant/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/index.php?ar_id=MjY1Njk=