Sabtu, 20 September 2008

Pengusaha Hongaria Akan Hadiri Trade Expo Indonesia



Sebanyak 40 pengusaha Hongaria mewakili 35 perusahaan telah menghadiri acara sosialisasi Trade Expo Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI dengan dukungan Indonesian Trade Promotion Center di Budapest. Perusahaan dan pengusaha-pengusaha tersebut sebagian merupakan wajah-wajah baru. Acara yang diselenggarakan di Hotel Marriot di pinggir Sungai Duna yang terkenal dan terpanjang di Eropa telah berlangsung secara interaktif pada tanggal 12 September 2008.

Sebagai pembicara tunggal, Duta Besar Indonesia memaparkan antara lain target maupun sasaran Expo ke-23 ini dengan data yang menunjukkan peningkatan setiap tahunnya, baik mengenai jumlah exhibitors dan pengusaha asing yang datang maupun komitmen dagang yang dibuat selama berlangsungnya Expo. Untuk tahun 2008, Trade Expo akan diikuti oleh 1.500 exhibitors dan diperkirakan akan dikunjungi oleh 20.000 buyers atau pebisnis. Pada kesempatan itu juga dikemukakan komposisi komoditi impor dan ekspor Indonesia sehingga para pengusaha dapat melihat bidang mana yang menjadi titik perhatiannya. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup stabil dan meyakinkan mendapat bagian dalam paparan.

Beberapa pengusaha yang hadir telah menyatakan minat untuk menghadiri Trade Expo 2008. Setelah mengetahui dari Duta Besar bahwa Indonesia memproduksi batu permata dan perhiasan, seorang peserta menyarankan agar pihak Indonesia juga melihat pasar di Eropa termasuk Hongaria.

Seorang pengusaha tekstil Indonesia dari Bandung hadir dalam acara sosialisasi menyampaikan bahwa dia telah mendapatkan calon mitra bisnis. Selain menghadiri acara sosialisasi, perusahaannya juga ikut dalam International Trade Fair Budapest dari 10-14 September 2008 dan Zagreb International Autumn Fair dari 16-21 September 2008 bersama KBRI dan ITPC Budapest. (Sumber : KBRI Budapest)