Kamis, 18 September 2008

CHIEF OF STAFF AKUI PROFESIONALITAS PRAJURIT INDOBATT


CHIEF OF STAFF AKUI PROFESIONALITAS PRAJURIT INDOBATT
Oleh : Genaria Pandjaitan

15-Sep-2008, 09:03:14WIB

(Adshit Al-Qusayr 10/09) Kunjungan Chief of Staff (COS) UNIFIL Brigjen Olivier De Bavinchove (Perancis), di Markas Indobatt UN Posn 7-1 merupakan kunjungan kehormatan, karena hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 bulan beliau dua kali datang ke Indobatt. Kehadiran COS ini juga menggenapi seluruh pejabat UNIFIL mulai dari Force Commander, Deputy FC, Komandan Sektor Timur dan Barat yang pernah melakukan kunjungan ke kontingen Indonesia di Bumi Indobatt Adshit Al-Qusayr dalam satu periode penugasan.

Heli Bell 412 Italair yang membawa rombongan mendarat di Helipad Indobatt tepat pada pukul 15.00 dipandu marshaller Kompi Dragon. Selanjutnya, rombongan disambut oleh Dansatgas Letkol Inf AM Putranto dan menerima jajar kehormatan. Pada kesempatan pergerakan menuju ke Markas Indobatt COS sempat menanyakan tanaman pohon Trembesi yang sempat ditanam oleh beliau di Indobatt Green Park dan dijawab oleh Dansatgas “A tree still growing up, we always mantain everyday..”, mendengar jawaban itu tampak COS cukup senang apalagi pohon-pohon yang ditanam di area tersebut terlihat tumbuh dengan subur dan terlihat sangat hijau.

Di ruang rapat Markas Indobatt, Dansatgas memaparkan tentang struktur organisasi, pelaksanaan tugas, hasil yang dicapai termasuk perkembangan dan situasi terakhir yang dihadapi Satgas. Setelah pemaparan tersebut COS menyampaikan, pujian atas penggunaan Ranpur VAB buatan Perancis yang dapat digunakan serta dirawat dengan baik oleh prajurit-prajurit Indobatt. Selain itu, rasa kagum beliau terhadap profesionalitas prajurit Indobatt dalam setiap pelaksanaan tugas meskipun bukan berasal dari satu unit yang utuh dan dipersiapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Informasi tentang prajurit Indobatt ini diketahui setelah COS melakukan tanya jawab pada para perwira yang mengikuti pelaksanaan acara paparan.

Selesai acara paparan, COS melaksanakan kunjungan ke jajaran Indobatt antara lain ke Kompi A-Lebah dan oleh Wadanki Kapten Kav Asep Noer Rokhmat, beliau mendapat penjelasan singkat tentang situasi dan kondisi kompi yang berdekatan dengan tapal batas Lebanon-Israel yang dikenal dengan Blue Line. Pada kesempatan tersebut, COS sempat pula mencoba binocullar 7x50 Steiner yang dipakai oleh prajurit dan menekankan tentang perlunya kewaspadaan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Selanjutnya pada kunjungan ke Kompi B-Srigala, setelah mendengarkan penjelasan yang sangat lancar dan mantik dari Wadanki Kapten Kav Mujahidin, COS melihat secara fisik makam Syeikh Abbad serta melihat langsung kondisi medan operasi dari titik E 440. Dari titik tersebut Dansatgas menjelaskan tentang batas Area Of Responsibility Indobatt, route-route patroli dan posisi satuan tetangga. Inspeksi dilanjutkan ke shelter-shelter yang baru saja selesai dibuat oleh Tim Zeni dari Bellubatt dan COS cukup puas dengan fasilitas yang telah dibangun tersebut. Acara diakhiri dengan foto bersama dan tukar-menukar cinderamata, dan pada kesempatan tersebut Dansatgas memberikan buku tentang pariwisata Indonesia. Ketika ditanya kapan akan ke Indonesia, sambil tersenyum beliau menjawab, ”Indonesia is a beautiful country.. I hope that I can go there..”.

Sebelum terbang kembali dengan heli ke Markas UNIFIL di Naqoura, dalam perjalanan dengan kendaraan COS kembali memuji pelaksanaan kegiatan Medal Parade yang telah dihelat Indobatt pada 20 Agustus 2008 lalu. Beliau mengakui bahwa Medal Parade yang dilaksanakan Indobatt merupakan cermin pelaksanaan tugas yang dilaksanakan, dimana pada kegiatan tersebut kemampuan manajerial dan profesionalitas sangat terlihat. Salah satu faktor pendukung yang membuat kegiatan tersebut sangat baik adalah keterlibatan masyarakat lokal dalam berpartisipasi mendukung acara, bukan hanya sebagai tamu tetapi sebagai pelaku.

Tepat pada pukul 17.00 heli take off dari helipad PB MAR, kesan positif telah dibawa oleh COS atas kunjungannya ke Indobatt. Kesan tersebut tentunya tidak hanya akan teringat dalam memori beliau, tetapi turut pula menjadi pendorong semangat seluruh prajurit Indobatt dalam melaksanakan misi perdamaian sampai berakhirnya penugasan. (Papen Satgas Yon Mekanis TNI Konga XXIII-B/UNIFIL, Mayor Sus Baharudin Z/Dispenad)