Selasa, 26 Agustus 2008

ANALISIS

Di Indonesia tingkat kelaparaan termaksud paling dikid di dunia. Kelaparaan alias poverty paling banyak ada di South Asia (India) dan Africa.

Kemon... kita tinggal di katulistiwa masa lu berkata kita kelaparaan? Kalo di padang pasir sih masuk akal.

Dunia tidak kelaparaan.

Dunia panik karena harga makanan naik. Tetapi, justru kelaparaan itu terjadi bukan karena naik harga tetapi akses kepada makanan tersebut, yaitu di tempat2 miskin seperti India dan Africa.

"Indonesia, para petani hidup untuk makan". Ini adalah prinsip saat ini dimana perlahan2 akan berubah semata. Para petani dan investor lokal maupun investor international akan sadar betapa untung nya berproduksi di komoditas makan saat ini. Masa depan petani akan mengatakan; "Saya hidup bukan untuk makan lagi, tetapi untuk menjadi Bill Gates berikut nya"

Theori kontroversi Om Doos:

Saat2 nya resesi negri Amerika, pasti negara tersebut yang beradikuasa tidak ingin jatuh gitu saja. Pasti ada perlawanan.

Salah satunya adalah membikin effek "Market Panik"

Effek market panik adalah theory professor Prof. Keynsian Meynerd, bahwa apabila household panik, akan effek ekspektasi mereka untuk konsumsi, karena itu konsumsi akan berubah.

Itulah yang mereka mencoba melakukan, adalah merubah konsumsi kita. Apa penting? Iya sangat crucial, karena konsumsi adalah faktor penggerak ekonomi, bila dimana kalo konsumsi sangat dikid, ekonomi bergerak lambat.

"Indonesia mempunyai tingkat konsumsi yang besar"

Kita jangan ikut2 panik. Mendingan ikut2 bertamam ama bpk2 petani yg saat ini sedang bergliur kekayaan.

Sebuah legenda:

Indonesia terkenal dengan binatang endemik Naga (Komodo Dragon). Andaikan aja negara kita adalah symbolism dari sebuah Naga yang sedang tidur. Naga ini 4000 tahun yang lalu adalah raja dari seluruh binatang. Naga tersebut tidur selama 4000 tahun, terkenal disebut "Sleeping giant".

Pada saat dunia bergoncang dan bumi bergetar, naga ini akan bangun, dan menjaya.

Ayo Bangun! Kita ini banyak potensi, dan ini saatnya yang paling tepat.