Selasa, 26 Agustus 2008

Malaysia Siap Beli Beras dari Indonesia


Jakarta (ANTARA News) - Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia, Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak, mengatakan bahwa pihaknya siap membeli beras dari Indonesia sebagai salah satu langkah mengatasi krisis pangan.

"Kalau Indonesia surplus beras, saya berharap Malaysia bisa membelinya," kata Najib kepada ANTARA News dan Bernama News di ruang bagi tamu sangat penting (VVIP) Bandar Udara (Bandara) Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (2/6) malam.

Menurut Najib, yang didampingi Dubes Malaysia untuk RI, Dato Zainal Abidin Mohd Zain, sebelum bertolak ke negaranya, dalam mengatasi krisis pangan, maka sesama anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) melakukan solidaritas untuk saling membantu sehingga tidak ada satu negarapun yang rawan pangan.

"Antara Indonesia dan Malaysia, termasuk dengan negara lain, perlu bertukar pengalaman dari cara Indonesia mengatasi masalah ini. Kerjasama dengan Indonesia, termasuk keberhasilannya dalam dalam hal mengurangi subsidi minyak," kata Najib.

Ia menjelaskan, khusus Malaysia, krisis pangan sangat mampu untuk diatasi dengan mengawasi harga barang dan makanan tertentu pada harga yang rendah.

"Harga berbagai jenis makanan diawasi, tidak boleh dinaikkan," katanya.

Ditambahkannya, pengawasan harga dilakukan, seperti pada beras berkualitas super, sedangkan jenis beras yang lain atau bahan pangan lainnya diserahkan ke mekanisme pasar. (*)

http://www.antara.co.id/arc/2008/6/3...ari-indonesia/