Selasa, 26 Agustus 2008

Gedung Tertinggi Akan Dibangun di Rasuna Epicentrum

08/11/2007 12:36:09 WIB
JAKARTA, Investor Daily
Superblok Rasuna Epicentrum akan semakin fenomenal. Pasalnya, di kompleks tersebut kabarnya akan dibangun sebuah gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia.

Sumber Investor Daily yang enggan disebut namanya mengatakan, pihak yang akan membangun gedung tertinggi tersebut adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pertambangan minyak.

“Gedung tersebut nantinya berfungsi sebagai gedung perkantoran. Jumlah lantai yang akan dibangun 80 lantai dengan ketinggian sekitar 600 meter,” kata sumber tersebut kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (7/11).

Sumber tersebut menambahkan, konsep arsitektur gedung yang akan dibangun itu bercirikan modern futuristik. Di ujung gedung dibangun sebuah kincir angin yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

“Diharapkan, listrik yang berasal dari tenaga angin tersebut mampu memasok sekitar 30% - 40% kebutuhan listrik di gedung tersebut,” ujar sumber itu.

Rasuna Epicentrum merupakan superblok yang dikembangkan oleh PT Bakrieland Development Tbk melalui anak usahanya, PT Bakrie Swasakti Utama (BSU). Luas Rasuna Epicentrum keseluruhan adalah 53,6 hektare.

Ketika dikonfirmasi, Direktur Utama BSU Sri Hascaryo mengatakan, luas lahan yang digunakan untuk pembangunan gedung tersebut mencapai empat hektare. Namun, Sri Hascaryo belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai megaproyek tersebut.

“Masih terlalu dini membicarakan hal itu. Saat ini, pihak kami masih bernegosiasi dengan pihak yang akan membangun gedung tersebut. Mungkin nanti setelah tercapai kesepakatan, baru kami akan mengungkapkannya ke publik,” kata dia, ketika dihubungi melalui telepon genggamnya, kemarin.

Beberapa waktu lalu, Chief Marketing Officer BSU Ferry S Supandji mengatakan, sebenarnya pihaknya ingin pembangunan gedung pencakar langir itu dilakukan secara kemitraan antara BSU dan investor.

“Jadi, investor tidak usah membeli lahan kami. Mengenai pembangunannya mungkin bisa dibicarakan lebih lanjut, apakah akan dibangun bersama-sama atau dilakukan sendiri oleh investor. Namun, proses tersebut masih dalam tahap negosiasi,” kata Ferry.

http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=544555