Selasa, 26 Agustus 2008

Tangani Bencana, RI Lebih Baik dari AS




CIAMIS - Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda mengatakan, pemerintah Indonesia lebih baik dalam merespons warganya yang terkena musibah bencana alam jika dibandingkan dengan pemerintah Amerika Serikat.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan bantuan perahu kepada para nelayan Kabupaten Ciamis, di Pantai Karapyak, Bagolo, Kalipucang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (2/5/2008).

"Pemerintah AS yang merupakan negara kaya belum bisa merehab total kota New Orleand yang beberapa waktu lalu diterjang badai Kathrina. Sedangkan pemerintah kita dapat cepat merespons dan merehab tempat yang terkena musibah. Kita harus bersyukur," ungkap Hassan.

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia, tambah dia, hendaknya dijadikan tantangan bagi pemerintah setempat agar mampu menyelesaikannya. Sebab, lanjutnya, Indonesia masih bersyukur karena tidak mendapatkan musibah lebih parah seperti yang terjadi di negara bagian Afrika.

"Sewaktu saya dan Presiden berkunjung ke Senegal, saya memberikan usul kepada Presiden agar hendaknya para pemuda yang suka demo untuk diajak juga ke Senegal. Supaya mereka tahu kalau ternyata masih ada yang jauh lebih menderita daripada kita," paparnya. (jri)

news.okezone.com : Tangani Bencana, RI Lebih Baik dari AS