Selasa, 26 Agustus 2008

Trans Studio Makassar Terbesar Kedua Setelah Dubai

Makassar, Tribun - Trans Studio Makassar (TSM) bakal menjadi kawasan wisata terpadu terbesar sesudah kawasan wisata di Dubai Unit Emirat Arab. Studio ini tercatat sebagai kawasan wisata termegah dan terbesar di Asia Tenggara.

Direktur Para Group, Chairal Tanjung mengungkapkan hal ini, Jumat (21/9), saat mendampingi Gubernur Sulsel, Amin Syam menyaksikan maket TSM di Jl Tanjung Bunga sebelum Mal GTC.

TSM juga akan menyediakan mono train yang pertama di Indonesia. Sementara lokasi Family Entertainment Center (FEC) akan menyerupai Disneyland yang akan menghadirkan 23 jenis permainan fantastik.

Direktur TSM, Wibowo Iman Sumantri menjelaskan, TSM menghabiskan investasi sebesar Rp 1 triliun. Tahap awal akan dibangun Trans Studio dan Trans Walk di atas lahan seluas 110 ribu m2. Namun semua akan dibangun secara bersamaan yang akan diprediksi soft opening rampung di bulan April 2009.

Sementara grand opening dimulai 20 Mei tahun 2009. Wibowo mengaku 50 persen lokasi Trans Studio dan Trans Walk sudah diminati pengusaha lokal dan nasional. Ia menambahkan TSM dapat menampung lebih dari 2700 kendaraan dan menjadi lokasi parkir termegah dan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kepemilikan TSM akan dikelola Para Group dan Kalla Group. Dimana kepemilikan saham seimbang. Namun ia mengaku, Kalla Group memiliki saham fissik tanah 40 persen. Jika TSM rampung maka kedua pihak akan menambahkan lagi modal.

Selain itu dari investasi Rp 1 triliun dimana 50 persen merupakan pinjaman perbankan dan pihak asing. Sisanya investasi dari pemegang saham dalam bentuk pembangunan fisik.
(ina)