Selasa, 26 Agustus 2008

Konjen RI terpilih sebagai President of the Society of Foreign Consul

Konsul Jenderal RI New York, Trie Edi Mulyani terpilih secara aklamasi sebagai President of the Society of Foreign Consul (SoFC) untuk periode 2008 – 2009. Pemilihan tersebut dilakukan pada Pertemuan Komite Eksekutif SoFC yang diadakan di Konsulat Jenderal Afrika Selatan, New York, pekan lalu. SoFC adalah organisasi yang berdiri sejak tahun 1925 sebagai wadah Corps Diplomatic Perwakilan Konsuler terbesar di dunia, dengan jumlah anggota 110 Perwakilan Konsuler yang ada di kota New York. SoFC memiliki misi memperjuangkan kepentingan dan hak-hak anggotanya.

Pada periode kepemimpinan Indonesia, diharapkan akan dapat lebih mendekatkan para anggota SoFC dengan negara penerima, khususnya dengan pemerintah kota New York. Hal tersebut dalam rangka peningkatan dan perluasan promosi kerjasama ekonomi, sosial dan budaya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2007 lalu, walau masih relatif baru menempati posnya di New York, Konjen RI Trie Edi Mulyani telah terpilih sebagai Vice President SoFC untuk Asia Timur dan Pasifik Barat. Keaktifan Konjen RI dalam membina hubungan dan kerjasama dengan perwakilan-perwakilan asing yang ada dipandang positif dalam memajukan organisasi ini untuk dapat menjembatani kepentingan Negara Pengirim dengan Negara Penerima.

Pada periode 2007 – 2008 lalu, KJRI New York telah menjadi tuan rumah berbagai pertemuan rutin dan kegiatan SoFC, seperti acara Welcoming Reception for Newly Arrived Consuls General and End of Year Holiday Celebration pada 13 Desember 2007 dan Briefing on Customs and Border Protections bagi para anggota Society of Foreign Consuls sebanyak dua kali. KJRI New York bersama-sama dengan para anggota SoFC juga telah turut membaur dalam kegiatan sosial setempat, antara lain Breast Cancer Walk 2007 yang diselenggarakan oleh The American Cancer Society di Central Park, Manhattan.

The SoFC dijalankan oleh suatu Executive Committee yang terdiri dari seorang Presiden dan beberapa Wakil Presiden dan Alternate yang merepresentasikan wilayah Eropa I, Eropa II, Asia Barat dan Selatan, Amerika Utara dan Selatan, Asia Timur dan Pasifik Barat, dan Afrika, dengan dibantu oleh staf Sekretariat (Sumber: KJRI New York).

http://www.deplu.go.id/?hotnews_id=3334