Selasa, 26 Agustus 2008

Peneliti RI Ciptakan Formula Anti-Kolesterol
Padang (ANTARA News) - Seorang peneliti pertanian di Sumbar, Mesra menciptakan formula cairan dari bahan alami (tumbuhan dan buah) yang disebutkan bisa membebaskan bahan makanan seperti daging sapi, hati sapi dan daging ayam dari kandungan lemak jenuh yang menjadi penyebab penyakit kolesterol pada manusia.

"Formula diberi nama Super 2000 diciptakan dari hasil penelitian dan pengujian sejak tahun 1997 serta dari uji coba bisa membebaskan kandungan zat lemak jenuh dari daging dan hati sapi serta daging ayam," kata Mesra kepada ANTARA News di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan, untuk melakukan penelitian dan pengujian pembuatan formula tersebut dirinya mengantongi izin pengolahan bahan hasil pertanian dari Dinas Kesehatan dengan No.443.52/1500/PL/1996.

Setelah 10 tahun penelitian dan pengujian, berhasil diciptakan cairan formula super 2000 yang bisa melarutkan zat lemak jenuh penyebab kolesterol pada daging sapi dan ayam.

Menurut dia, proses pelarutan dengan cara merebus hingga mendidih daging sapi dan ayam terlebih dahulu dengan air yang sudah diberi formula super 2000 selama 30 hingga 45 menit.

Setelah direbus itu, daging baru digunakan untuk bahan masakan seperti rendang, dendeng dan gulai. Sedangkan air bekas rebusan dibuang karena telah mengandung zat lemak jenuh, katanya.

Mesra yang lulusan Lembaga Pendidikan Usaha Tani (LPUT) itu menjelaskan, daging sapi mengandung lemak 15,54 persen dengan tingkat kolesterol 0,924 mg/100 gram. Dengan direbus air bercampur formula super 2000 maka kandungan kolesterol yang berupa lemak jenuh akan hilang.

Meski demikian, setelah direbus warna daging agak memucat namun rasa, bau dan bentuk tidak mengalami perubahan, tambahnya.

Ia menyebutkan, sudah mendaftarkan hasil ciptaannya itu ke Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar dan telah dilakukan ujicoba serta saat ini sedang pengurusan sertifikat halal dari Majelis Ulama
Indonesia.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba membebaskan bahan makanan dagingnya dari lemak jenuh dapat menghubungi Mesra yang berdomisili di Jalan Jenderal Sudirman No.251, Kecamatan IV Jurai, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Terhadap produk super 2000 ini, anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan dan Kesehatan, DPRD Sumbar, Rizal Moenir mengatakan, Mesra telah menemuinya dan meminta untuk memfasilitasi peragaan penggunaan formula itu kepada kalangan rumah tangga.

http://www.antara.co.id/en/